Selasa, 15 Desember 2015

Pendataan dan Validasi Realisasi Kartu Jakarta Pintar di SDN 05 Pagi dalam Penerapan Mata Kuliah Character Building bersama Teach For Indonesia






Kelas                       : LV-11
Nama Dosen           : Bpk. Frederikus fios
Kode dosen             : D3093
Waktu                     : o8 Desember 2015
Pukul                       : 08:00 – 11:30 wib
Lokasi                     : Jl Komp. DKI Joglo Kembangan Jakarta Barat DKI Jakarta

Tim yang hadir
Ketua          : Clarissa Karina.K – 1601256941
Anggota      :
Ø  Dini Anggrayni     - 1601240022
Ø  Widya Tandiah     - 1601278646
Ø  Cinthiya Gusti.W  - 1601272610
Ø  Rosalina Elvira      - 1601258625
Ø  Sally Setiawan      - 1601221704
Ø  Theonardo             - 1601285481


Dari sebelah kiri atas: Cinthiya Gusti, Widya Tandiah, Clarissa Karina, Sally Setiawan, Rosalina Elvira, Dini Anggrayni dan dibawah Theonardo.


Melalui pembelajaran Character Building yang telah kami dapatkan mengenai cara beretika yang baik dan benar maka kelompok kami menerapkannya didalam menjalani kegiatan pendataan Kartu Jakarta Pintar di SDN 05 Joglo.
Kelompok kami berkumpul di lobby ALC Binus pada pukul 06:30 Pagi dan berangkat ke SDN 05 Pagi Joglo bersama-sama, sesampainya disana kami lagsung masuk kedalam dan disambut oleh Bpk.Satpam yang menanyakan maksud dan tujuan kami, ketua kelompok (clarissa karina) memberitahukan maksud dan tujuan kami yang ingin melakukan survey KJP dan kamipun diantarkan ke ruangan Kepala Sekolah yaitu Ibu Serepina Panjaitan, dan kami menjelaskan kepada Ibu Serepina sebagaimana maksud dan tujuan kami yang ingin melakukan survey KJP  dengan memberikan Surat Pengantar dari Dinas Pendidikan DKI Jakarta kemudian Ibu Serepina berkata belum siap tentang data kjp nya karena orang tata usaha yg ngurus sedang cuti karena hamil,sehingga data kjpnya belum di berikan ke pegawai tata usaha penggantinya. Tetapi jarak seminggu pihak sekolah dan kami berkomunikasi dan pihak sekolah memberitahukan bahwa data sudah ada dan kami sudah bisa melakukan survey.

Suasana saat kami selesai mengunjungi  SDN 05 Pagi Joglo



  kami memberikan susu kepada anak-anak yang sedang berolahraga dan berfoto dengan mereka 









selang seminggu kamipun datang lagi ke SDN 05 Pagi Joglo karena data anak-anak yang menerima kjp sudah tersedia. saat kami datang, kamipun disambut dengan ramah dan memberikan umpan balik yang baik, Ibu Serepina langsung menyuruh Staff TU mencari data siswa/i KJP, kami diantar ke kelas tempat berkumpulnya siswa/i yang ingin kami survey. Ibu Seerpina pun juga membantu memanggil anak-anak yang menerima kjp tersebut.

Metode yang kami ajarkan adalah Mentoring, kami memberitahukan secara satu persatu kepada siswa/i penerima KJP cara dan langkah untuk mengisi kertas survey yang diberikan,karena siswa/i masih SD maka kami harus extra teliti dalam menjelaskan langkah-langkah pengisian data survey KJP. Semua instrumen pertanyaan dapat diselesaikan dengan baik dan benar terkecuali tahun pada saat penerimaan KJP , beberapa siswa/i tidak mengingat kapan mereka menerima KJP itu dan juga apa saja yang dibelanjakan karena orangtua mereka yang biasanya pergi untuk berbelanja keperluan sekolah mereka. Dini anggrayni yang bertugas untuk menginput data survey KJP ke google docs.

Suasana saat kami menjelaskan kepada anak-anak yang menerima KJP 



















 



Suasana saat setelah pengisian survey kjp


 setelah selesai kamipun memberikan susu kepada mereka karena mereka telah membatu kami melakukan tugas survey kjp





dan kami juga berterima kasih kepada anak-anak yang telah meminjami kelasnya untuk kami pakai, kamipun memberikan sosis sonice









lalu kami berfoto dengan Ibu Serepina sekaligus beliau mengantarkan kami sampai pintu gerbang sekolah


Form Evaluasi Kegiatan




Hasil kegiatan :

Kami mendapatkan semua informasi yang dibutuhkan dan Data survey KJP terisi dengan baik dan benar, jumlah anak yang kami wawancarai sekitar 21 anak. kegiatanpun juga berjalan dengan lancar. 


Lampiran lainnya:

Data Validasi Pendidikan dari SDN 05 Pagi Joglo 







Tidak ada komentar:

Posting Komentar